Sejarah Departemen Teknik Mesin FT USU

Pada bulan Juli 1962, Pimpinan Fakultas Teknik USU, melalui Sekretaris Fakultas Prof. A.T. Barus, M.Sc. membuat surat keputusan dan membentuk Tim Persiapan Pembukaan Jurusan Mesin di FT USU yang beranggotakan Ir. Andar Manik, Ir. M. Husni Malik dan Ir. J Tagor Situmorang. Hasil kerja keras tim inilah yang melahirkan Departemen Teknik Mesin.

 

Kegiatan Akademik Teknik Mesin USU dimulai Agustus 1962 dengan jumlah mahasiswa 63 orang sebagai angkatan pertama dan diketuai langsung oleh Dekan FT USU saat itu. Bulan Agustus 1962 dicatat sebagai lahirnya Teknik Mesin USU. Sekarang tahun 2012 terdaftar sebanyak 163 orang angkatan ke-50 Teknik Mesin USU.

 

Diantara periode ini 1962-2017 Teknik Mesin USU telah menghasilkan sekitar 3500 alumni yang telah menyebar di seluruh wilayah Indonesia dan dunia. Setelah mengikuti perkembangan jaman dengan segala tantangannya, pada tahun ini Teknik Mesin USU akan memperingati hari lahirnya yang ke-55, LUSTRUM XI TEKNIK MESIN USU.

 

  • Visi

Menjadi program studi yang dijadikan rujukan dalam inovasi material/struktur teknik, pengembangan energi dan teknologi manufaktur untuk menjawab kebutuhan industri dan masyarakat.

 

  • Misi
    • Menciptakan iklim akademik yang kondusif dalam mencapai proses belajar-mengajar maupun aktifitas penelitian.
    • Menyediakan program pendidikan dengan kurikulum berbasis kompetensi untuk menghasilkan lulusan yang mampu menjawab kondisi pangsa pasar kerja.
    • Memacu aktifitas penelitian melalui kerjasama dengan industri dan dukungan dari stakeholder.
    • Memfasilitasi mahasiswa, staf pengajar, teknisi, administrasi, alumni, industri dan masyarakat dalam tukar-menukar infromasi dan berinovasi melalui penelitian, seminar, wokshop, eksibisi dan lainnya